Jumat, 30 Desember 2011

Visi, Misi dan Tujuan MI NU As Sholihin 98


Visi MI NU As-Sholihin 98 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan:

MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH, UNGGUL, KREATIF, MANDIRI DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN.

Dengan adanya visi tersebut kami berharap seluruh warga sekolah dapat menjiwai dan dapat mewujudkan visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek secara berkesinambungan. Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita MI NU As-Sholihin 98 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma-norma masyarakat khususnya lingkungan yang agamis sehingga mendorong kami, warga sekolah untuk melakukan perubahan dalam mendorong arti pentingnya sebuah pendidikan formal. Dengan adanya visi tersebut kami berharap dapat mendorong adanya perubahan yang lebih baik dan dapat mengambil langkah-langkah strategis guna kemajuan bersama.

Misi
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan sebuah misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut merupakan misi MI NU As-Sholihin 98 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut di atas.
Misi MI NU As-Sholihin 98 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan :  
  1. Membiasakan sikap, perilaku dan amaliah keagamaan Islam di madrasah dan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menumbuhkembangkan, membantu dan memfasilitasi warga madrasah untuk berkembang sesuai bakat dan minatnya, bersaing, dan berprestasi baik dalam bidang akademik dan non-akademik secara sehat
  3. Mengembangkan life skill dalam setiap aktifitas pendidikan.
  4. Menumbuhkembangan kebiasaan membaca dan semangat untuk belajar
  5. Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, sehat dan indah.
  6. Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapatkan kepercayaan masyarakat dengan menerapkan manajemen partisipatif
Dalam melaksanakan misi tersebut, langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1.     Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
2.     Membiasakan kegiatan shalat Dhuhur dan Shalat Dhuha berjamaah, pondok Romadlon, kegiatan peringatan hari besar agama Islam dan kegiata pembiasaan lainnya untuk meningkatkan budi pekerti/akhlak peserta didik.
3.     Menumbuhkan semangat persaingan yang sehat untuk mencapai keunggulan baik di lingkungan sekolah maupun secara umum.
4.     Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut, khususnya agama islam dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang berkompeten dan berakhlak mulia.
5.     Mendorong terbentuknya lulusan yang berkualitas, berakhlaqul karimah dan bertaqwa kepada Allah SWT, berprestasi,dan mandiri


Tujuan
Adapun tujuan yang akan dicapai dari MI NU As-Sholihin 98 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut:
1.           Peningkatan pencapaian rata-rata Ujian Nasional dari mata pelajaran yang dilaksanakan pada Ujian Nasional secara jujur dan bermartabat.
2.           Peningkatan pencapaian prestasi akademik dan prestasi non-akademik.
3.           Memiliki dokumen kurikulum sekolah yang lengkap dan selalu berubah secara dinamis mengikuti perkembangan yang ada.
4.           Melaksanakan pembelajaran dengan stretegi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning).
5.           Mewujudkan pelaksanaan prinsip belajar tuntas (Mastery Learning).
6.           Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru bagi semua guru mata pelajaran sebagaimana yang dipersyaratkan dalam UU No. 14 tahun 2004 tentang Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, yakni kompetensi profesional, kompetensi personal, paedagogik dan sosial.
7.           Meningkatkan pemenuhan fasilitas (sarana dan prasarana) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kebutuhan sekolah baik secara kuantitas dan kualitasnya, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
8.           Memenuhi program-program pengembangan manajemen sekolah yang transparan, akuntabel dan efektif.
9.           Memenuhi model evaluasi pembelajaran seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, ujian akhir sekolah dan ujian nasional.
10.       Membentuk lingkungan sekolah yang bersih dan asri agar tercipta suasana yang menyenangkan dan nyaman dalam belajar.
11.       Mengembangkan dan melaksanakan program Jum’at Kreatif dan Inovatif meliputi bidang keagamaan, olahraga dan seni, kebersihan dan keindahan lingkungan serta ekstra kurikuler.
12.       Meningkatkan disiplin dan etos kerja warga sekolah sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar